Friday 18 April 2014

Dimana terdapat Oase ?

Unknown | 20:43 |

Oase adalah tempat - tempat yang berair di gurun. Di situ, tanaman tumbuh dan mungkin juga tersedia makanan dan air yang cukup bagi orang - orang yang mampir atau membuat tempat tinggal tetap.

Oase terdapat di gurun Sahara, Gobi, dan gurun besar lain di dunia. Oase terbentuk dimanapun tanah menampung persediaan air yang cukup. Di gurun - gurun Amerika Utara, oase sering terbentuk di lembah - lembah tempat meresapnya air kedalam tanah setelah melalui pegunungan.  Di gurun sahara banyak oase di tempat mata air meluap atau di tempat yang arus bawah tanahnya atau lapisan air terletak cukup tinggi untuk dicapai dengan menggali sumur.

Oase bermacam - macam ukuran dan bentuknya. Sebagian hanya berupa srumpun pepohonan di sekeliling nata air kecil. Lembah Nil di Mesir adalah sebuah oase sempit yang panjangnya ratusa kilometer. Sungai Nil mengairi tanaman pangan yang ditanam sepanjang tepinya. Oase besar ini menumbuhkan cukup makanan bagi jutaan penduduk. Oase - oase tropis menghasilkan pangan seperti kurma, padi, dan gandum.

Terima kasih sudah membaca dan semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Blogroll

Total Pengunjung

Members

Statistik

Flag Counter