Wednesday 9 July 2014

Dimana Terdapat Tiang Totem ?

Unknown | 08:01 |

Tiang Totem merupakan batang pohon tinggi dan lurus yang dipahat. Pahatannya biasanya berbentuk manusia dan binatang yang bersusun – susun ke atas. Benda itu dibuat oleh orang Indian Amerika Utara. 

Setiap orang totem memperlihatkan sebuah totem. Totem adalah binatang  yang dijadikan lambing suatu marga atau kelompok keluarga. Pada sebagian masyarakat, penduduk memuja totem mereka dan ada peraturan yang melarang membunuh binatang yang dijadikan totem. Sebagian penduduk juga percaya bahwa binatang totem adalah leluhur mereka. Tiang totem yang paling tinggi terdapat di Teluk Alert di pulau Vancouver, Kanada. Tiang yang didirikan tahun 1973 itu tingginya 52,7 meter.

Daerah itu merupakan tempat tinggal suku Kwakiult. Mereka telah ratusan tahun membuat tiang – tiang totem. Pahatan pada tiang tertinggi itu menceritakan kisah suku Kwakiult. Suku Kwakiult biasanya mendirikan tiang – tiang totem pada sebuah pesta yang disebut potlatch yang berlangsung beberapa hari. Tuan rumah pesta potlatch itu membagi – bagikan sejumlah barang – barang miliknya kepada para tamu. Ini dimaksudkan untuk memamerkan betapa penting dirinya.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. trimakasih infonya sangat menarik,,
    bermanfaat sekali,,
    mantap,,

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Blogroll

Total Pengunjung

Members

Statistik

Flag Counter